Monday, October 13, 2008

Mengatur Uang


Gak bisa dipungkiri mengatur uang di jaman seperti ini memang memerlukan keterampilan...apalagi kalau gaji yang kita peroleh tidak sebanding dengan apa yang kita keluarkan, bukan untung yang kita dapatkan malahan buntung bahkan bisa nombok dan hutang. Negara kita memang tidak seperti negara-negara lain seperti Singapura yang mampu membayar gaji para karyawannya sangat layak, di Indonesia terkadang gaji cukup aja sudah syukur. Nah agar kita tidak dibebani pikiran karena uang yang gak cukup, kenapa kita tidak mengaturnya ?..agar nafas hidup kita lebih panjang...he..he

1. Hal yang penting dalam mengatur uang adalah bedakan mana kebutuhan dan mana yang keinginan. 2 hal ini bisa saja menjadi rancu karena banyak orang yang menganggap keinginan adalah kebutuhan, padahal kan beda. Umumnya kebutuhan manusia itu sama. Mis : Makan, minum, dan tempat tinggal, hanya makan seperti apa, minum dan tempat tinggal seperti apa yang kita inginkan...Bingung ? wajar. Gampangannya seperti ini kalo kita bisa terlihat menarik dengan pakaian seharga Rp 20.000,- kenapa harus beli yang seharga Rp 200.000,-.Banyak orang yang terjebak dengan ini. Intinya kita hanya mengganti nilai suatu barang yang harganya lebih murah, tapi kegunaanya sama.

2. Menabunglah didepan. Artinya kalau anda punya uang seberapapun jumlahnya, tabunglah terlebih dulu,. Misalnya 5 % atau 25 % didepan jangan menunggu di akhir bulan, karena umumnya orang yang demikian tidak bisa menabung dengan lancar dan akan kesulitan mengatur uang.

3. Simpanlah uang receh anda dalam suatu tabungan.. Ya ini cukup berhasil..jangan dikira uang eceh itu tidak ada harganya...pengalaman saya dari uang receh yag saya kumpulkan bisa terkumpul Rp 200.000,-, kecil memang tapi uang segitu bisa kita gunakan untuk keperluan lain tanpa mengganggu budget utama kita. (cara mengatur uang yang saya suka)

4. Sebisa mungkin ikutlah asuransi..hari gini sudah saatnya kita membuka wawasan tentang asuransi..mungkin kita masih antipati dengan yang satu ini, tapi yakinlah asuransi sangat bermanfaat untuk masa depan kita sendiri. Saya tidak menyarankan ke salah satu asuransi, semua asuransi saya anggap baik yang kurang baik kadang-kadang agennya (oknum) yang sedikit nakal dan tidak menjelaskan secara detail tentang klaim asuransi. Jadi pilihlah yang sesuai dengan hati anda.

5. Berhentilah membaca dan lakukan tips-tips dia atas ini....semoga berhasil teman

Mengatur uang memang saya anggap suatu seni, dan butuh kreatifitas kita untuk mengaturnya.