Thursday, October 9, 2008

Sekolah itu Investasi



Sekolah itu investasi...ya investasi yang akan kita bawa seumur hidup. Seringkali anggapan investasi itu berupa mobil, tanah, rumah, dll. Tapi tahukah anda dengan berinvestasi di pendidikan anda akan mendapatkan hasil yang sangat setimpal. Hasil dari investasi di bidang pendidikan tidak bisa kita rasakan saat itu juga, melainkan merupakan investasi jangka panjang. Semakin tinggi pendidikan maka logikanya semakin mudah atau semakin luas lapangan pekerjaan yang bisa kita dapatkan, semakin banyak ilmu yang kita cari maka wawasan akan semakin luas. Bukankah banyak perusahaan menginginkan karyawannya berwawasan luas bukan hanya nilai-nilainya yang bagus ?...Ok..Ini dia bagaimana caranya kita memilih sekolah yang baik agar investasi kita tidak hilang percuma :

1. Pilihlah sekolah yang mempunyai reputasi bagus. Artinya jaringan dengan perusahaan banyak da nmenyediakan magang kerja, tidak hanya mengandalkan nama besar saja.

2. Kalo kita mengabaikan minat, pilihlah jurusan yang mempunyai prospek kedepan yang dicari-cari oleh perusahaan-perusahaan bonafit. Cth : Fakultas Komputer.

3. Serap ilmu sebanyak-banyaknya dari bangku sekolah. Anggap semua ilmu yang diberikan di sekolah penting semua, menganggap tidak penting satu mata kuliah artinya kita menutup wawasan kita terhadap pengetahuan.

4. Sekolah itu tidak hanya belajar, tapi juga membangun relasi dan jaringan. Jadi pintar-pintarlah menjalin hubungan pertemanan, karena siapa tau temen-temen kitalah yang akan menjadi relasi atau partner kita. Artinya Jadilah orang yang baik dan ramah biar teman-teman suka bergaul dengan kita.


Kalo ada yang mengatakan sekolah itu buang-buang biaya memang benar, tapi jika kita lakukan dengan serius hasil dari sekolah itu akan kita rasakan. Jadi sekolah itu adalah investasi wajib bagi semua orang, saya ataupun anda...AYO SEKOLAH.